Minum Air Putih Dapat Mencegah Penyakit Kronis

Ilustrasi minum air putih. (net)

Hepinews – Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum air dalam jumlah yang cukup dapat menunda penuaan dan mencegah masalah kronis tertentu.

Menurut penelitian National Institutes of Health, yang diterbitkan dalam jurnal eBioMedicine bahwa orang dewasa yang terhidrasi tampak lebih bugar karena lebih sedikit berisiko terkena kondisi kronis seperti penyakit jantung dan paru-paru daripada yang tidak mendapat cukup cairan.

Menggunakan data kesehatan yang dikumpulkan dari 11.255 orang dewasa selama periode 30 tahun, para peneliti menganalisis hubungan antara kadar natrium serum (yang naik ketika asupan cairan turun) dan berbagai indikator kesehatan.

Baca Juga  Cap Lang dan Hotel Santika Bagikan 10 Ribu Hampers Eksklusif, Begini Cara Dapatnya

Studi ini menemukan bahwa orang dewasa dengan kadar natrium serum di ujung atas kisaran normal lebih mungkin untuk mengalami kondisi kronis dan menunjukkan tanda-tanda penuaan biologis lanjut dibandingkan dengan kadar natrium serum dalam kisaran menengah.

Orang dewasa dengan tingkat natrium serum lebih tinggi juga lebih mungkin meninggal pada usia yang lebih muda.

“Hasilnya menunjukkan bahwa hidrasi yang tepat dapat memperlambat penuaan dan memperpanjang hidup bebas penyakit,” kata Natalia Dmitrieva, PhD, penulis studi dan peneliti di Laboratory of Cardiovascular Regenerative Medicine di National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI).

Baca Juga  Outbound PB Djarum 2024: Cetak Pebulu Tangkis Berkarakter Tangguh

Para peneliti menilai informasi yang dibagikan peserta studi selama lima kunjungan medis, dua yang pertama saat mereka berusia 50-an, dan yang terakhir saat mereka berusia antara 70-90 tahun.

Hal ini untuk memungkinkan perbandingan yang adil antara bagaimana hidrasi atau kekurangan minum air putih berkorelasi dengan hasil kesehatan. (mj)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *