Beredar Isu Tsunami di Jayapura, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Salah satu bangunan yang terdampak gempa berkekuatan 4,9 magnitudo yang terjadi di Jayapura. (ant)

Hepinews – Beredar isu Tsunami setelah sepanjang hari gempa melanda Jayapura, Papua. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura, mencatat adanya 145 aktivitas gempa.

“Izin menjelaskan Bapak/Ibu, kondisi pola pasang surut air laut di kota Jayapura saat ini sedang menuju surut pada jam 22.00 WIT dengan ketinggian surut mencapai 0.2 meter,” bunyi WAG warga di Jayapura, Papua, Selasa (3/1).

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Musuh Nikita Mirzani, Dito Mahendra Dicekal

“Kami harapkan kepada masyarakat untuk tidak panik dan terus waspada serta mengupdate informasi terbaru dari BMKG.” tulisnya.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura Yustus Rumakiek mengakui gempa susulan masih terus terjadi bahkan pukul 07:40 WIT wilayah Kota Jayapura, kembali diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4 magnitudo.

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.47° LS dan 140.68° BT, atau tepatnya berlokasi di darat yakni 13 km Timur Laut Jayapura dengan kedalaman delapan (8) KM.

Baca Juga  Wulan Guritno Blak-blakan Jadi Artis Open BO

Dengan memperhatikan lokasi episenter, kata Rumakiek, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura.

Kepala Wilayah BMKG Jayapura mengimbau masyarakatagar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu tusnami yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa serta periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal apakah cukup tahan gempa ataupun tidak,” ujarnya. (mj)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *