Kasus Korupsi Formula E Seret Nama Anies Baswedan, KPK Tegas

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan saat ini masih fokus menyelidik kasus dugaan korupsi pada penyelenggaraan Formula E yang menyeret nama mantan Gubernur DKI Anies Baswedan.

“KPK masih terus melakukan berbagai upaya tindak lanjut dari laporan pengaduan masyarakat atas dugaan korupsi pada penyelenggaraan Formula E,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Senin (2/1).

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Hillary Brigitta Lasut Siap Menangkan Prabowo Subianto di Sulawesi Utara

Menurut Ali, kasus Formula E itu masih dalam tahap penyelidikan oleh KPK.

“KPK memastikan untuk tetap fokus menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan hukum serta tugas dan kewenangannya berdasar undang-undang,” katanya.

Namun, lanjut Ali, KPK menyayangkan adanya opini pihak-pihak tertentu yang tidak menggunakan landasan-landasan hukum dan hal itu dikhawatirkan bisa menimbulkan pemahaman publik yang salah kaprah.

“Kami tentunya ingin memberikan wawasan dan pengetahuan tentang azas-azas hukum yang berlaku di Indonesia kepada masyarakat agar tercipta kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat yang tertib dan makmur,” tuturnya.

Baca Juga  Setelah Mengadu ke Jokowi, Dugaan Korupsi Pemanfaatan Lahan PT GFI di Belitung dan Beltim Naik ke Penyidikan

Selain itu, KPK juga menyinggung soal kendala-kendala yang dihadapi dalam proses penanganan suatu kasus karena statusnya masih penyelidikan seperti kesulitan memperoleh data, informasi, dan keterangan yang dibutuhkan.

Menurut Ali, dalam praktiknya beberapa pihak otoritas negara lain juga hanya bisa membuka informasi yang dibutuhkan KPK tersebut jika sudah pada tahap penyidikan.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkap beberapa kendala dalam menyelidiki dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E, Salah satunya meminta dokumen maupun keterangan dari pihak Formula E Operation (FEO). (*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *