Home / Politik

Minggu, 18 Desember 2022 - 11:56 WIB

Bongkar Kasus Ferdy Sambo, Tingkat Kepercayaan Polri Meningkat

Hasil survei Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) menyebutkan tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri meningkat dari 56,3 persen pada Agustus 2022 menjadi 71,4 persen pada Desember 2022.

“Angka ini terus menguat bila dibanding hasil survei sebelumnya pada bulan Agustus 2022 yang hanya 56,3 persen,” kata Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (18/12).

Edi menjelaskan meningkatnya kepercayaan publik terhadap institusi Polri itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 2-14 Desember 2022, dengan melibatkan 1.000 responden berusia 17 tahun ke atas.

Baca Juga  Dito Mahendra Mangkir Terus, Nikita Mirzani Segera Bebas?

Menurut dia, salah satu alasan yang menyebutkan kinerja Polri semakin dipercaya ialah soal ketegasan dan transparansi dalam mengungkap kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang dilakukan Ferdy Sambo.

Selain itu, upaya penegakan hukum terhadap mantan kepala Polda Sumatera Barat Irjen Pol. Teddy Minahasa, yang diduga terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkoba, juga menjadi alasan responden meningkatkan kepercayaan terhadap Polri.

Baca Juga  Ridwan Kamil Bakal Gerus Suara Anies Baswedan di Jawa Barat

“Instruksi kapolri dalam pengoperasian tilang elektronik dan penghentian tilang manual di seluruh Indonesia juga ikut meningkatkan kepercayaan publik,” tambah Edi.

Selanjutnya, sinergisme TNI dan Polri dalam mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali juga mendapat tanggapan positif dari responden survei.

“Sinergi Polri dan TNI dalam pengamanan kegiatan internasional G20 di Bali ikut menyumbang kenaikan kepercayaan masyarakat hingga mencapai 71,4 persen,” ujar Edi Hasibuan.

Share :

Baca Juga

Politik

Kasus Beras Busuk Bansos Covid-19 Jakarta Bakal Dilaporkan KPK

Politik

Prabwo Subianto Restui Gibran Rakabuming Maju Pilkada
Airlangga Minta Kader Golkar Sumut Solid Menangi Pemilu 2024

Politik

Airlangga Minta Kader Golkar Sumut Solid Menangi Pemilu 2024

Politik

Golkar Sudah Mantap Usung Airlangga Capres, Nggak Mungkin Kasih ke Ganjar

Politik

Ridwan Kamil dan Moeldoko Tembus 4 Besar Elektabilitas Cawapres

Politik

Megawati Siap Umumkan Capres Tahun Depan

Politik

Trah Soekarno Dukung Ganjar Pranowo, Bukan Puan Maharani

Politik

Sandiaga Uno Siap Maju Capres, Asal…